Cara Jitu Merawat Gigi Anak Usia 1-2 Tahun

Merawat gigi anak usia 1-2 tahun memerlukan perhatian khusus para orang tua. Pada usia tersebut, anak-anak belum memahami hal baik dan hal buruk yang berkaitan dengan kesehatan gigi mereka. Anak-anak cenderung tidak mempedulikan hal tersebut selama merasa senang dengan seluruh kegiatan yang mereka lakukan. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis merupakan kebiasaan menyenangkan yang selalu dilakukan oleh anak pada usia 1-2 tahun. Mereka bahkan tidak mau membersihkan gigi mereka setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang terasa manis tersebut. Akibatnya, anak-anak dapat merasakan rasa sakit pada gigi mereka.

Untuk merawat gigi anak usia 1-2 tahun, sebaiknya para orangtua membiasakan diri mereka untuk selalu mengingatkan buah hati untuk selalu menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan yang manis. Hal tersebut dilakukan guna membuang sisa makanan yang mungkin masih menempel pada gigi. Jika tidak segera diatasi, anak-anak akan merasakan sakit akibat dari sakit gigi yang mereka derita. Untuk itulah, membiasakan menggosok gigi merupakan langkap tepat untuk menghindari anak dari sakit gigi. Ketika anak-anak menggosok gigi mereka, pastikan jika anak-anak menggosok gigi mereka dengan cara yang halus. Menurut familydentalcarez.com, gigi anak usia 1-2 tahun merupakan gigi susu yang rentan akan benturan. Karena itulah, menggosok gigi pada anak harus dilakukan dengan perlahan-lahan. Gunakan pula sikat gigi yang diperuntukan untuk anak usia 1-2 tahun ketika akan menggosok gigi agar gigi anak terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Selain menggosok gigi dengan sikat gigi yang tepat dan dengan cara perlahan, merawat gigi pada anak akibat mengkonsumsi makanan yang manis dapat dilakukan dengan cara berkumur. Berkumur dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada gigi sehingga penyebab sakit gigi dapat dihindari. Cara untuk merawat gigi anak usia 1-2 tahun ini sangat efektif dilakukan karena anak-anak tidak harus bersinggungan langsung dengan sikat dan pasta gigi. Seperti yang kita ketahui, anak-anak di usia 1-2 tahun sangat sulit diajak bekerja sama untuk menyikat gigi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *