Wisata Jogja Murah 2017 Gua Kidang Kencana

Wisata jogja murah 2017 – Zamrud di barat Jogja itu kembali memberi surprise kecil yang tidak cuma menyuguhkan keindahan tetapi juga menantang beberapa petualang. Dibalik perbukitan sunyi serta tanah karst yang tertutup vegetasi rapat nan subur, satu lorong perut bumi menaruh pesona alaminya. Sesudah gua kiskendo yang memukau dengan sepenggal cerita ramayana, kulon progo masih tetap mempunyai wisata jogja murah gua kidang kencana yang menanti untuk dijelajahi. Tempatnya yang berdekatan dengan gua kiskendo bikin saya memikirkan penggalan cerita ramayana yang lain terpaut dengan gua yang ada di perbukitan dusun sabrang kidul ini. Terlebih nama kidang kencana mengingatkan saya pada cerita mengenai seekor rusa jadi-jadian yang berniat di kirim rahwana untuk memisahkan rama dari dewi shinta. Tetapi nyatanya, pertemuan seseorang penggembala serta seekor rusa beberapa ratus tahun silamlah sebagai histori awal penamaan gua yang lorongnya meraih 350 meter ini. Menurut narasi orang-orang setempat, mbah bongsoriyo yang kehilangan kambingnya tidak berniat temukan hewan piaraannya itu ada didalam satu gua bersama seekor rusa. Mulai sejak tersebut gua tempat pertemuan mbah bongsoriyo serta si rusa diberi nama gua kidang kencana.

Mulut gua yang curam serta tidak sangat besar dengan diameter sekitaran dua meter mengantarkan kami masuk kedalam kegelapan lorong gua, sebelum setelah kami mesti jalan sejauh 450 meter melalui jalan cor beton. Cuma dengan pertolongan sinar yang datang dari head lamp, kami juga mulai jalan ikuti aliran sungai kecil, menyusuri gua bersama dua orang pemandu yang masih tetap keturunan mbah bongsoriyo. Tidak ada lampu penerangan atau jalanan cor semen yang mempermudah kami untuk mengeksplorasi keelokan hasil fenomena endokarst di dinding gua. Bahkan juga seringkali kami mesti jalan jongkok atau merangkak bila lubang di perut bumi ini makin menyempit. Lorong gua yang dapat menembus sisi dibalik bukit ini memanglah alami tidak ada pergantian sedikit juga.

Tidak terus-terusan lorong gua yang sempit, sistem karstifikasi oleh kesibukan air tanah serta air hujan beberapa ribu tahun silam di gua kidang kencana juga tersisa ruangan gua yang lebih lega, dengan bentukan-bentukan alami berbentuk beberapa ornamen serta ukiran unik di dinding gua. Sebut saja ringin kurung yang disebut batuan kapur besar mirip pohon beringin lebat, batuan sama kentongan, ruang luas yang dimaksud selangit, bebatuan alami mirip stupa candi yang dimaksud candi sewu, soko bentet yang disebut tiang gua hasil penyatuan stalaktit serta stalagmit, bungkus angkrem berbentuk batu besar mirip bentuk hati, langit kuntoro, bulus dan pancoran. Semua ornament di gua kidang kencana itu juga menaikkan kekayaan fenomena geologis di kulon progo yang selalu bikin beberapa penikmatnya berdecak kagum seperti kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *